3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 3.1 (9.analisis dilema etika)
YULI
FITRIA,S.Pd.,Gr
CGP A.7 ACEH BESAR
3.1.a.4.
Eksplorasi Konsep - Modul 3.1 Analisis kasus dilemma etika
KASUS
1
1.Yang
menghadapi dilema: ibu Dini
2.Dua kebenaran yang ada : -benar jika tokoh tersebut kepala sekolah yang memikirkan
kemajuan sekolah -benar juga jika beliau ingin mengembangkan dirinya sbg seorang pebisnis
karena beliau ingin mengikuti pelatihan.
3.paradigma
yang terjadi: dilema individu VS kelompok dan dilema jangka panjang VS jangka
pendek.
4.dalam 1 kasus yang sama dapat memiliki lebig dari 1 dilema: saat bu dini harus memilih sebag pebisnis dan kepala sekolah. dilema jangka pendek VS jangka panjang adalah saat ibu dini memilih keputusan terbaik.
Pada kasus ini saya memilih untuk tetap disekolah karena masalah sekolah menjadi prioritas dibandingkan mengikuti pelatihan pebisnis.
KASUS 2
1. Siapa yg mengalami dilema? Pak pandu
2.Apkah dua kebenaran yg ada? Adalah benar tokoh tersebut kepala sekolah tdak mengizinkan denang
ikut serta krn beliau memimpikan SMP pelita yg menerapkan peraturan. Tapi benar jg jika dia kepala sekolah yg berperikemanusiaan mengizinkan danang untuk ikut serta dngan biaya yg dicicil
3. Paradikma mana yg terjadi pd kasus ini? Dilema rasa keadilan VS rasa kasihan dan dilema individu vs kelompok.
4.Dapatkah lebih dr 1 dilema?, berlaku untuk kasus yg sama?
Dalam 1kasus yg sama dpt memiliki lbih dr satu dilema. Dalam kasus 2 dilema
individu lawan kelompok adlah saat pak pandu harus mengabulkan permohonan
danang dan melanggar aturan yanga da. Selanjutnya dilema rasa keadilan lawan
rasa kasihan adalah saat hrus mengizinkan anak tersebut ikut serta tetapi
bagaimana dngan anak lain yg belum bayar.
Pada kasus ini jika saya sebagai pakai pandu saya akan
mengkomunikasikan usulan dari orang tua Danang kpd orang tua murid yang tidak
ikut serta karena kesulitan biaya. Jika mereka setuju dan sependapat sbgai
kepala sekolah dapat mengambil kebijakan yaitu Danang boleh ikut serta dengan
mencicil biaya yang dibutuhkan untuk studi lapangan.
KASUS 3.
1.Siapa yg mengalami dilema? Kepala sekolah
2.Apakah dua kebenaran yang ada? Adalah benar jika tokoh
tersebut kepala sekolah kasihan dengan pak doody karena sbgai kepala keluarga
dngan istri yang tidak bekerja dan 3 anak yang masih kecil_kecil.
3.Pradigma mana yang terjadi pada kasus ini? Dilema rasa
keadilan lawan rasa kasihan dan dilema kebenaran lawan kesetiaan.
4.Dapatkah lebih dari satu dilema berlaku untuk kasus yang
sama? Dalam kasus ini dilema rasa keadilan dan rasa kasihan adalah saat kepala sekolah harus mengisi formulir
tidak sesuai karena kasihan pak doody
membutuhkan pekerjaan tersebut. Selanjutnya dilema rasa kebenaran lawan
kesetiaan adalah harus mengisi formulir dengan jujur sebagai bentuk tinggi
nilai kesetiaannya pada profesi dan
komitmen nya sebagai kepala sekolah.
Pada kasus ini jika saya kepala sekolah saya akan mengisi
formulir dengan sedikit lebih baik dari fakta, alasannya mempertimbangkan
kondisi keluarga yang membutuhkan biaya. Sehingga pak doody sangat membutuhkan
pekerjaan tersebut.
Kasus: 4
1.Siapa yang mengalami dilema? Pak zulkarnain
2apakah dua kebenaran yang ada?
Ada benar jika tokoh tersebut berencana kan program pelatihan guru tentang penggunaan teknologi didalam pembelajaran karena untuk menunjang proses pembelajaran.Dilema jangka pendek lawan jangka panjang
Dalam kasus ini hanya ada 1 dilema yaitu dilemma jangka pendek lawan jangka
panjang adalah saat kepala sekolah harus memilih dari salah satu program yang
direncanakan dengan mempertimbangkan hal yang terbaik untuk masa kini dan masa
akan dating
Pada kasus ini jika saya menjadi pak zulkarnain saya akan
memilih program pelatihan guru tentang
penggunaan teknologii karena program ini lebih berdampak segera bagi
anak
Comments
Post a Comment